User Icon  60 USER SEDANG ONLINE

HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Cegah Burung Sakit

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa hal penting yang harus selalu diperhatikan oleh penghobi burung untuk mencegah burung sakit dan lakukan dengan konsisten!
                                                                                                                        
1.Kebersihan sangkar. Bersihkan secara rutin setiap pagi. Sikat dan cuci bersih juga alas sangkar, kemudian jemur di bawah sinar matahari. Lebih aman lagi, semprot sangkar dengan disinfektan untuk membunuh bakteri, kuman penyakit, parasit, jamur, kutu dan virus yang membahayakan burung.
2.Burung wajib dijemur. Lakukan rutin minimal 15 menit setiap pagi. Waktu penjemuran terbaik pukul 07.00-10.00. Sinar matahari akan membantu tubuh burung mengekstrak Pro Vitamin D3 dalam tubuhnya menjadi Vitamin D3 dan membantu tubuh memproduksi hormon-hormon vital speerti pertumbuhan dan reproduksi. Penjemuran juga berdampak besar terhadap psikologis burung.
3.Perhatikan kualitas makanan. Salah satu sumber penyakit pada semua makhluk hidup adalah makanan yang di konsumsi. Begitu juga dengan burung, makannya harus selalu diperhatikan dengan komposisi zat gizi yang lengkap dan tepat. Sesuaikan juga dengan sistem metabolisme burung dan evaluasi setiap habis memberi makan. Jangan ber-eksperimen makanan burung bila belum paham fisiologi burung. Karena sistem metabolisme burung pemakan serangga berbeda dengan pemakan buah.
4.Beri suplemen. Suplemen di sini yang dimaksud adalah vitamin dan mineral tambahan yang tidak terdapat pada makanan sehari-hari yang biasa diberikan. Suplemen dibutuhkan untuk menjaga tubuh burung selalu prima. Terutama saat burung dalam masa pertumbuhan, penyembuhan, masa mabung, bertelur, meningkatkan daya tahan tubuh di musim pancaroba dan lain-lain. Berikan suplemen yang sudah diracik khusus untuk burung secara rutin dan terjadwal dengan takaran sesuai dosis.
5.Cegah burung stress. Stres dapat mengganggu semua sistem yang ada di dalam tubuh burung. Banyak hal yang dapat menyebabkan burung  stress, seperti penempatan, ketenangan dan kenyamanan burung , situasi lingkungan burung dan lain-lain. Saat burung stress, akan sulit membuatnya menjadi normal kembali.

Bila burung terlanjur sakit, tempatkan di tempat yang hangat. Kenali dan diagnose jenis penyakitnya agar mudah memberi obat yang cocok. Segera konsultasikan penyakit burung pada ahlinya untuk mendapatkan rekomendasi obat yang tepat. Penggunaan obat antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan efek resistan di tubuh burung. Jangan  pernah ber-eksperimen dengan obat, bila anda tidak paham betul tentang kandungan dan efeknya.

Sumber : dari berbagai sumber
Dilihat 1869 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

cucakrawa
Rp 17.000.000
tangerang
Video Burung
What my parrot does when I go out...
What my parrot does when I go
parrotscience
Time : 0:29
Galeri Burung
Rumah burung dan lampu
Rumah burung dan lampu
titi
Jakarta Selatan