User Icon  49 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Manfaat memandikan tekukur

Jika Anda punya peliharaan burung tekukur atau derkuku, rajin-rajinlah memandikannya, minimal seminggu sekali. Anda akan mendapat banyak manfaat:
                                                                                                
1.Selain menjaga kebersihan dan kesehatan, mandi akan menjaga kesehatan bulu dan kulit derkuku atau tekukur.
2.Jika derkuku sering dimandikan, kutu dan serangga yang hidup dan berkembang biak pada bulu-bulunya akan berkurang, derkukupun menjadi lebih rajin bernyanyi.
3.Dengan sering mandi, derkuku juga tidak akan sibuk mencari kutu yang menempel di badannya. Selain itu, bulu derkuku akan terlihat lebih mengilap dan dapat menghidarkan burung dari penyakit pilar bulu.
4.Untuk derkuku bakalan hasil tangkapan dari alam bebas, sebelum dimasukkan ke dalam sangkar sebaiknya dimandikan terlebih dahulu serta diberi tambahan vitamin burung yang banyak terjual di pasaran bebas.

Tips memandikan terkuku:                                                                                                                              
1.Mandikan terkuku paling sedikit seminggu sekali.
2.Anda bisa gunakan air leri atau air bekas cucian beras dicampur dengan beberapa macam bunga dan daun-daunan. Seperti, bunga mawar merah, mawar putih, melati, daun kelor, dan daun pandan diremas-remas, kemudian dicampurkan ke dalam air leri yang masih berwarna putih dan kental.
3.Bunga dan daun-daun sangat ampuh untuk membasmi kutu dan serangga yang menempel di badan derkuku.
4.Wadah yang dipergunakan sebaiknya yang agak lebar sehingga tidak merusak bulu derkuku.
5.Untuk menghindari agar burung derkuku tidak berontak saat dimandikan, kedua kaki derkuku dijepit di antara jari manis dan jari kelingking, jari telunjuk dan ibu jari menahan leher, sedang jari tengah menahan dada.
6.Sebelum dicelupkan ke dalam air, badan derkuku dibasahi terlebih dulu. Setelah itu, derkuku dimasukkan secara pelan-pelan ke dalam air pencuci.
7.Seluruh bulu dibersihkan, kedua sayap dibentangkan secara bergantian di dalam air cucian.Setelah semua bulu bersih, derkuku diangkat dari air leri dan disuapi dengan vitamin sebelum dimasukkan lagi ke dalam sangkar.

Untuk sementara waktu, sangkar yang berisi derkuku yang baru saja dimandikan dan masih basali kuyup digantung di tempat yang teduh. Derkuku dibiarkan terkena angin sampai bulu-bulunya agak kering. Setelah itu, boleh digantang di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.


Sumber : dari berbagai sumber
Dilihat 19466 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (2)
Halaman : | 1 |
1. samsu saleh, , Indonesia
28 Agu 2013
bagaimana cara membedakan tekukur betina dengan jantan
2. zahendra, , Indonesia
5 Mar 2013
saya punya tenkukur, tapi jarang berbunyi.bagaimana caranya supaya rajin berbunyi

Jual Burung
Video Burung
Frostie Dancing To Shake Your Tail Feather!
Frostie Dancing To Shake Your
OnePickieChickie
Time : 2:43
Galeri Burung
Golden Oriole Bird pictures
Golden Oriole Bird pictures
fotoplatforma.pl
Jakarta Selatan