User Icon  26 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Burung mabung butuh asupan protein

Nutrisi dan terbukanya pori-pori di lapisan luar kulit burung merupakan dua faktor utama yang membengaruhi proses bulu rontok di masa mabung. Nutrisi diperlukan untuk mendorong kesiapan fisik burung menumbuhkan tunas bulu baru.

Suplai protein. Selama proses mabung, bulu lama akan segera berganti dengan bulu baru. Dalam proses perontokan bulu untuk berganti dengan bulu baru, burung akan kehilangan sekitar 25% total berat badannya. Sehingga perlu pengganti, setidaknya seperempat dari jumlah total protein dalam tubuhnya. Bulu dan selubung bulu burung terdiri dari lebih dari 90% keratin, yakni protein bulu yang diperlukan burung selama proses mabung. Protein bulu berbeda dari protein lain di dalam tubuh, misal protein telur, dan membutuhkan proporsi yang berbeda untuk asam amino-nya. Burung mabung membutuhkan makanan mengandung asam amino. Dia kemudian akan menyerap dan menyimpannya sebagai keratin. Jika proses ini tidak mendapat dukungan asupan pakan yang benar, maka dipastikan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Misalnya saja mabung tidak tuntas atau proses rontok bulu berhenti di tengah jalan.

Suplai energi. Saat mabung, burung juga membutuhkan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru, sekitar dua setengah kali energi yang diperlukan burung selama masa bertelur. Permintaan energi yang besar untuk memproses protein yang dibutuhkan dalam pembentukan bulu menyebabkan burung harus lebih banyak diberi asupan makanan selama masa mabung. Namun yang diperlukan burung bukanlah energi sembarang energi, tetapi lebih pada energi untuk memproduksi bulu. Dalam konteks inilah sangat perlu adanya pasokan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin.

Faktor-faktor penentu masa mabung selama ini tidak sepenuhnya dipahami karena memang rumit. Hal itu melibatkan antara lain masalah kadar hormon, usia, musim dan cuaca dan kondisi lingkungan secara umum. Namun hal yang paling penting adalah perlunya tambahan pasokan kebutuhan gizi untuk burung selama mabung sehingga mereka bisa mengembangkan bulu sebaik-baiknya.


Sumber : dari berbagai sumber
Dilihat 1179 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

cucakrawa
Rp 17.000.000
tangerang
Video Burung
Cat and sea gull
Cat and sea gull
ruben0606
Time : 1:16
Galeri Burung