User Icon  119 USER SEDANG ONLINE

HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Pengganggu Masa Mabung Burung

Waspadai beberapa hal berikut yang sering mengganggu masa mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bulu yang tidak rontok.

1.Penyakit yang disebabkan virus circovirus dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu.
2.Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.
3.Gizi buruk bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas. Bulu mudah patah, mudah kusam, melintir/keriting dan lainnya.
4.Penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung.
5.Burung stres, terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurnas.

Agar bulu baru burung tumbuh sehat:

1.Singkirkan segala cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.
2.Pastikan tidak satu pun dari burung menjadi pembawa virus bibit penyakit, misalnya Polyoma.
3.Berikan gizi yang cukup selama burung mabung dengan pakan yang berkualitas. Pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mengandung karbohidrat misalnya, hanya akan membuat burung kekurangan gizi meski secara fisik terlihat gemuk.
4.Jika Anda telah melakukan semua hal di atas dan masih mengalami masalah dengan kualitas bulu burung, bicarakan dengan dokter hewan.

Sumber : dari berbagai sumber 
Dilihat 1876 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

cucakrawa
Rp 17.000.000
tangerang
Video Burung
What my parrot does when I go out...
What my parrot does when I go
parrotscience
Time : 0:29
Galeri Burung
Rumah burung dan lampu
Rumah burung dan lampu
titi
Jakarta Selatan