User Icon  47 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Menjemur Burung Berkicau

Menjemur burung di bawah sinar matahari akan membuat burung rajin berkicau dengan berani. Sinar matahari pagi diyakini sangat baik untuk metabolisme burung ocehan. Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat, diantaranya mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D dalam tubuh burung, membunuh jamur dan mikroba baik di sangkar dan tubuh burung, serta akan menghangatkan tubuh burung.

Saat menjemur burung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
                                                                                                                                                                                                                                                
1.Penjemuran sebaiknya dilakukan  di pagi hari, mulai pukul 7.00 -9.30 atau kalau bisa sebelum waktu fajar sekaligus untuk pengembunan. Pengembunan akan memberikan kesegaran pada burung karena udara masih bersih.
2.Usahakan jangan menjemur burung di siang hari antara pukul 12.00-14.30, karena terik matahari bisa mengakibatkan burung sakit, suara serak, bulu kusam dan bahkan bisa menyebabkan pembuluh darah pecah.
3.Jika matahari pagi tidak mendukung untuk melakukan penjemuran, lakukan menjelang sore hari sekitar pukul 16.00  hingga menjelang senja.
4.Jangan menjemur dengan sangkar dikerodong, khususnya untuk daerah panas karena bisa menyebabkan burung mendapat panas berlebihan. Sehingga burung akan kekurangan oksigen dan mati kepanasan. Untuk daerah dingin, hal ini memungkinkan.
5.Untuk penghobi burung yang bekerja pagi pulang malam, bisa menempatkan burung di tempat tertentu yang bisa terkena sinar matahari, namun pada sekitar pukul 09.00 sinar matahri sudah tertutup atap atau dedaunan. Jika kondisinya tidak memungkinkan, lakukan penjemuran pada pagi hari minimal sepekan sekali atau saat libur.
6.Jika Anda mengeluarkan burung sejak subuh, maka burung bisa dimandikan dalam karamba pada pagi hari antara pukul 06.00 - 07.00 dan bisa langsung dijemur karena sinar matahari belum panas sehingga tidak membuat bulu mengkerut/keriting.
7.Jika Anda memandikan selepas pukul 08.00, maka sebelum dijemur perlu diangin-anginkan dulu sehingga kondisi bulu sudah teratur rapi oleh burung sendiri.
8.Jika Anda langsung menjemur setelah burung dimandikan dalam kondisi sinar matahari yang sudah panas, bulu akan telanjur kering sebelum bulu sempat dirapikan burung. Hal ini akan menyebabkan bulu menjadi keriting dan tidak tertata rapi.
9.Jika Anda hanya bisa memandikan burung setelah burung dijemur karena kesibukan di pagi hari misalnya, pastikan sebelum memasukkan ke karamba burung sudah diangin-anginkan dulu sehingga suhu tubuhnya sudah turun.
10.Jika kesempatan untuk memandikannya hanya pada sore hari, mandikan burung kemudian angin-anginkan dan jemur dengan panas matahari sore di atas pukul 16.00 saat sinar matahari sudah tidak terlalu panas.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 2338 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

langka
Rp 5.000.000
ciamis
Video Burung
cat playing with a bird, really very cool
cat playing with a bird, reall
aLivingAdventure
Time : 1:53
Galeri Burung
Rumah burung - perahu
Rumah burung - perahu
kandi
Jakarta Selatan