User Icon  39 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Mengenal Burung Parkit

Parkit yang dikenal sebagai burung peliharaan ini merupakan keluarga dari Psittacidae. Parkit hidup berkoloni dan di alam bebas parkit berkembang biak pada bulan Oktober - Desember. Saat musim kawin sang jantan biasanya menyanyi dengan nada rayuan untuk memikat betinanya. Burung inipun dikenal sangat setia dengan pasangannya. Bila si betina sedang aktif bertelur maka si jantan akan menunggu di luar sambil bersiul menghibur sekaligus akan mengusir apabila ada pengganggu mendekati sarangnya.

Temperamen cenderung liar. Burung parkit yang dikenal lucu dan bisa jinak ini ternyata memeliliki katakter temparemen cenderung liar sebagaimana pada kebanyakan jenis burung lain. Meskipun sudah berhasil dijinakkan perawatan berupa pemberian kasih sayang tetap dilakukan terus menerus dengan cara memberi makanan secara langsung dari tangan. Jika tidak atau kita biarkan saja mereka makan di wadah pakan saja untuk beberapa waktu yang lama maka sifat alaminya akan muncul menjadi liar kembali. Ada sedikit tip untuk burung parkit kesayangan yang pernah jinak kemudian kembali liar yaitu dekatkan/kumpulkan dengan burung parkit yang jinak. Biasanya burung yang pernah jinak akan lebih mudah tenang dan beradaptasi langsung dengan teman-temannya. Sifat hidup yang suka berkoloni mendorong jenis paruh bengkok mungil ini mudah berbaur dengan kelompoknya.

Mudah ditangkar. Perawatan burung jenis ini relatif mudah. Kandang yang diperlukan tidak begitu besar meskipun untuk pengembangbiakan sekalipun. Ukuran 40 x 40 x 60 cm sudah cukup untuk memulai penangkaran. Sedangkan untuk pajangan keindahan ukuran sangkar umum sudah memadahi. Tetapi karena sifatnya yang suka berkoloni dan keragaman warna yang bervariasi ini maka tak salah kalau kita menyiapkan ukuran kandang yang agak besar. Di samping kita bisa tempatkan beberapa pasang. Keindahan warni-warni parkit yang satu dengan yang lain akan sangat jelas.

Mudah beradaptasi. Parkit menyukai hidup berkoloni dan sangat mudah menyesuaikan di dalam kandang penangkaran.

Ciri-ciri fisik parkit. Tubuh parkit liar berbeda dengan parit peliharaan.

A. Parkiat liar:

1.Berwarna hijau dan kuning dengan bagian sayap dan bahu berwarna hitam bergerigi.
2.Panjang tubuh sekitar 18 cm dengan berab badan 30-40 gram. Parkit liar dewasa memiliki wajah berwarna kuning.
3.Parkit muda berkembang menjadi parkit dewasa dalam waktu 4 bulan. Ekornya berawarna biru, paruh cokelat dan kaki warna biru keabu-abuan.

B. Parkit peliharaan:

Warna tubuh sudah berebda karena mereka telah dikawinsilangkan dengan berbagai jenis burung. Tubuh berwarna biru, kuning, putih dan lain sebagainya.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 3429 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

langka
Rp 5.000.000
ciamis
Video Burung
Funny Seagull
Funny Seagull
pilkytm
Time : 0:20
Galeri Burung
Rumah burung dan lampu
Rumah burung dan lampu
titi
Jakarta Selatan