User Icon  14 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Cucak Hijau, Si Burung Daun

Burung Cucak Hijau atau yang dikenal juga dengan cucak ijo atau burung daun bukanlah burung dari keluarga cucakrowo atau cucak jawa. Ini adalah jenis burung yang memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati dengan bulu dominan berwarna hijau. Chloropsis sonnerati termasuk ke dalam suku Chloropseidae, berkerabat dekat dengan burung cipoh . Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird.

Cucak hijau sudah sering ikut lomba. Pamornya pun semakin cemerlang, sehingga tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Bahkan gacoan cucak hijau kini memiliki nilai jual yang sangat tingi. Cucak hijau memiliki ciri fisik yang khas:
                                                                                                
1.Bertubuh sedang, dengan panjang tubuh diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 22 cm.
2.Seluruh tubuh didominasi warna hijau terang atau hijau daun, termasuk sayap dan ekor.
3.Kedua jenis kelamin memiliki sepasang setrip malar biru berkilau di sisi dagunya.
4.Iris mata berwarna coklat gelap, paruh tebal hitam, dan kaki abu-abu kebiruan.

Karakter dasar burung cucak hijau:
                                                                                                                        
1.Burung Cucak Hijau bukanlah burung petarung murni, daya tarung yang ada pada burung ini cenderung akibat tingkat birahi pada level tertentu yang akan membuat burung ini menjaga daerah teritorialnya.
2.Burung Cucak Hijau tidak suka gelap dan gampang panik apabila berada pada lingkungan atau suasana yang gelap. Hindari menempatkan burung ini pada tempat yang gelap, apalagi membawanya pada malam hari. Karena akan mengakibatkan burung ini akan panik, nabrak ruji kurungan, bulunya rontok dan dapat menjadi stress.
3.Sangat cerdas, gampang menirukan tapi sangat gampang lupa. Dalam kondisi normal, burung ini dapat merekam suara isian yang ada disekitarnya dengan sangat cepat. Sangat mudah di master, tetapi apabila dalam kurun waktu tertentu tidak mendengar suara-suara master yang sudah ada, maka dengan gampang hilang dari memorinya.
4.Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung Cucak Hijau mudah jinak kepada manusia.
5.Jenis burung ini kadang bersikap agresif terhadap jenis lain yang berukuran lebih kecil. Saat berkicau, cica-daun besar akan menundukkan kepala. Makanannya adalah aneka serangga dan buah-buahan hutan.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 4939 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

kepala emas/pastel ijo
Rp 2.750.000
surakarta
Video Burung
Sam drinking
Sam drinking
parrotscience
Time : 0:34
Galeri Burung
Tempat Makan burung - Super Tray
Tempat Makan burung - Super Tray
Koko
Jakarta Selatan