User Icon  18 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Uniknya Sistem Pendengaran Burung Hantu

Burung hantu lebih aktif di malam hari sehingga memiliki sistem pendengaran yang sangat tajam. Telinganya terletak di belakang mata samping kepala dan tertutup oleh bulu mukanya. Bentuk telinga burung hantu sendiri tergantung spesiesnya. Pada spesies tertentu, bentuk telinga hanya seperti sejumput bulu.

Jarak pendengaran burung hantu tidaklah sebaik manusia, namun pada frekuensi tertentu pendengarannya lebih halus dan tajam sehingga memungkinkan dia mendengar mangsa yang bergerak pelan di atas tanah atau dedaunan. Ketika suara berisik terdengar, burung hantu mampu memperkirakan arah datangnya suara tersebut walaupun penglihatannya cukup buruk dengan merasakan perbedaan waktu bunyi yang diterima oleh telinga kanan dan telinga kiri. Misalnya, jika bunyi mangsanya berasal dari sisi kiri, maka dia akan terbang ke arah kiri karena telinga kiri menerima bunyi terlebih dahulu. Setelah itu burung hantu akan merasakan arah sudut terbang yang pas apabila kedua telinganya telah mendengar bunyi secara bersamaan. Burung hantu dapat merasakan perbedaan waktu bunyi yang datang hingga ketelitian 0.00003 detik!

Setelah menemukan arah yang pas dari mangsanya, kepala burung hantu akan tetap segaris dengan arah suara terakhir yang didengarnya. Jika mangsanya bergerak dia dapat dengan cepat dapat membetulkan arah. Ketika jarak dengan mangsanya sudah berkisar 60 cm, dia akan mengacungkan kakinya yang memiliki cakar-cakar tajam ke depan kepala dan akhirnya mangsanya pun tertangkap.

Penerjemahan sinyal bunyi yang berasal kanan, kiri, bawah, dan atas tersebut terkombinasi secara cepat di otak burung hantu sehingga menciptakan gambaran visual tentang lingkungan sesungguhnya dari sumber suara. Sebuah penelitian tentang otak burung hantu telah mengungkapkan bahwa medulla bagian otak yang berasosiasi dengan pendengaran burung hantu lebih kompleks daripada burung lain. Burung hantu yang tinggal di peternakan misalnya, dia memiliki minimal 95,000 neuron, jumlah tersebut 3 kali lebih banyak daripada neuron yang dimiliki oleh seekor sapi.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 1131 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (1)
Halaman : | 1 |
1. Miguel, http://salzwedel33.jigsy.com/entries/general/ball-of-foot-pain, undefined
5 Jul 2014
Nando shirtless is normally a eyecatcher!

Jual Burung

Pastel
Rp 1.000.000
jambi
Video Burung
cat playing with a bird, really very cool
cat playing with a bird, reall
aLivingAdventure
Time : 1:53
Galeri Burung
Tempat Makan burung - Super Tray
Tempat Makan burung - Super Tray
Koko
Jakarta Selatan