User Icon  41 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Mitos Si Murai Batu

Di balik penampilan fisik si Murai Batu yang mempesona dan kicauan merdunya, terdapat beberapa mitos di seputar katuranggan yang berkembang di kalangan para penghobi burung. Berikut di antaranya:

1.Berkaki hitam diyakini memiliki mental tempur yang dahsyat dan tanda habitat asli burung.
2.Mata yang melotot dipercaya menunjukkan burung pemberani dan tidak takut terhadap manusia, serta mudah beradaptasi dengan lingkungan serta punya power bersuara yang bagus.
3.Ekor yang menggumpal menjadi satu dipercaya adalah milik murai batu berperforma bagus.
4.Murai Batu yang berasal dari wilayah pesisir diyakini memiliki kemampuan vokal yang lebih bagus dibanding yang berasal dari wilayah pedalaman atau hutan. Habitat pesisir yang relatif bising degan deburan ombak dan tiupan angin laut, menyebabkan Murai Batu beradaptasi dengan cara meningkatkan kemampuan vokalnya.
5.Warna bulu dada kekuningan dan warna hitamnya terkesan berwarna supak atau pudar. Diyakini bermental baja dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.
6.Bertubuh besar, berekor panjang dan berdaun ekor tebal, dianggap mudah lelah jika dipaksa untuk mengikuti sebuah lomba.
7.Berparuh celah diyakini memiliki kemampuan vokal di atas rata-rata. Dengan adanya celah pada paruh, diyakini bisa menghembuskan tiupan suara atau kicauan yang lebih besar, sehingga bisa menghasilkan vocal yang lebih dahsyat.
8.Paruh pendek dan tipis, diyakini sebagai karakter yang rajin berkicau atau cerewet dan memiliki suara-suara yang cenderung pedas untuk didengar.
9.Berkuku anjing dengan warna kuku kelingking tidak sama, diyakini bermental tidak stabil dan memiliki rawatan yang relatif lebih rumit.
10.Berekor gunting atau bercabang, diyakini membutuhkan pola settingan yang rumit, sehingga membutuhkan banyak kesabaran untuk dapat mengoptimalkan burung.
11.Bertulang kaki besar, diyakini memiliki semangat tempur tinggi. Bertipikal ngotot dan tidak mudah menyerah.
12.Memiliki tanda lingkaran berwarna hitam pada bagian paha seperti gelang,  diyakini sebagai Murai Batu penguasa wilayah.
13.Bulu tumbuh pada bagian kaki, diyakini sebagai Murai Batu penguasa wilayah.
14.Bentuk kepala datar, diyakini bermental berani dan berkarakter tempur.
15.Bentuk tubuh seperti jantung adalah murai batu idaman karena sering menguasi lomba.
16.Pola ekor rapat dan berdaun kecil, tipis serta melengkung ke bawah.  Murai Batu sangat enak dipandang saat bertempur di lapangan. Dan biasanya akan memainkan ekornya dengan sempurna dan menjadi idola penonton.
17.Berkor hitam semua adalah Murai Batu yang berasal dari wilayah kepulauan di sepanjang P. Sumatera. Diyakini kalah pamor dan mentalnya dibandingkan dengan murai batu yang memiliki ekor berwarna putih.
18.Berparuh tebal dan panjang, diyakini sangat sulit untuk dapat membawakan suara berspeed rapat dan panjang. Lebih dominan mengeluarkan suara-suara keras dengan speed pendek.
19.Bercak putih pada bagian leher atau kepala diyakini tidak memiliki keistimewaan tertentu. Warna bercak putih tersebut lebih disebabkan oleh kelainan pigmen yang dipengaruhi oleh makanan tertentu pada saat proses mabung terjadi.
20.Bentuk leher tebal, diyakini memiliki kemampuan vokal yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan murai batu lain yang bentuk lehernya lebih kecil.
21.Suka  memalingkan wajahnya saat bertemu musuh, diyakini bermental tempur rendah. Memalingkan wajah adalah upaya yang dilakukan oleh burung gar tidak tertekan dengan burung lain. Sebagai burung fighter sejati, burung murai batu akan terus menerus memburu musuhnya dengan tatapan wajah yang marah.

Mitos di atas tidak sepenuhnya benar, yang terpenting saat Anda memilih burung murai batu adalah jangan pernah menyimpulkan dari tampilan fisik semata. Jika masih ragu, coba ditrek dengan burung lain sebelum menentukan pilihan.


Sumber : dari berbagai sumber 
Dilihat 5466 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (1)
Halaman : | 1 |
1. Herwansyah, , Indonesia
7 Jan 2014
Mudah2 han semua Mitos hanyalah mitos belaka

Jual Burung

cucakrawa
Rp 17.000.000
tangerang
Video Burung
cat playing with a bird, really very cool
cat playing with a bird, reall
aLivingAdventure
Time : 1:53
Galeri Burung
Tempat makan burung -Platform
Tempat makan burung -Platform
redy
Jakarta Selatan