User Icon  39 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Mengamati Dan Mengenal Burung

Seni mengamati burung adalah pada kesabaran dan daya tahan fisik kita. Tujuan kita mengamati burung adalah untuk mengenal jenis-jenis burung dan kehidupannya, ciri-ciri tubuh, habitat tempat tinggal, dan tingkah laku serta gerak geriknya. Untuk itu kita membutuhkan ketrampilan, pengetahuan dan beberapa perlengkapan tambahan untuk melakukan pengamatan burung.

Berdasarkan tujuan pemeliharaannya, burung terbagi menjadi kelompok kiacauan/ocehan, berbulu indah, burung pelatah, dan burung unik. Pengelompokkan tersebut juga menjadikan kekhususan dalam pemeliharaannya, seperti pemberian pakan, perawatan kesehatan, dan penyediaan tempat tinggalnya.

Karena burung adalah hewan yang aktif, riang dan tak kenal diam, maka sangat sulit bagi kita untuk mengamati tanpa merekam atau mencatat hal-hal yang telah dilihat. Catatlah hal-hal yang didapat secara singkat dan jelas. Mengenal jenis burung , kita juga harus memperhatikan bentuk dan ukuran tubuhnya, corak warna bulu secara keseluruhan dan warna pada beberapa bagian tubuh (Kepala, dada, Sayap dan ekor), bentuk paruh dan jenis kaki.

Saat mengamati burung, Anda perlu mencatat beberapa hal berikut ini:
                                                                                                        
•Lokasi, tanggal dan jam pengamatan.
•Jenis habitat (tempat tinggal) dan tempat ditemukan (dahan, pasir, akar pohon, dan sebagainya).
•Corak dan warna bulu tubuh secara keseluruhan dan beberapa bagian tubuh lainnya (kepala, dada, sayap dan ekor).
•Perbedaan warna berdasarkan jenis kelamin. Umumnya burung betina memiliki corak warna yang lebih cerah. Demikian pula dengan warna pada paruh dan bagian tubuh lainnya, karena hewan betina cenderung berusaha menarik perhatian sang jantan.
•Perbedaan warna akibat perbedaan musim. Burung Kuntul Kerbau (Bubulcus Ibis) betina warnanya berbeda saat musim kawin. Pada musim biasa warnanya putih polos sedangkan pada musim kawin ada warna keemasan di kepalanya.
•Bentuk tubuh saat terbang. Bentuk tubuh burung ternyata sangat khas pada saat mereka terbang. Ada beberapa sifat yang tidak terlihat pada saat mereka hinggap di dahan. Baru terlihat saat mereka sedang terbang, misalnya warna sayap bagian dalam dan bagian perutnya.
•Bentuk dan ukuran tubuh. Bentuk dan Jenis kaki menggambarkan secara jelas jenis makanan tempat mereka hidup (habitat).
•Bentuk paruh. Bentuk paruh burung menggambarkan jenis-jenis makanannya.
•Pola terbang . Amati bagaimana mereka terbang, perhatikan kepakan sayap apakah dengan sedikit kepakan lajunya cepat, atau banyak kepakan.
•Gerak-gerik dan aktifitasnya.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 1732 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

Cucak Ijo
Rp 2.000.000
Banjar
Video Burung
Drunk Birds
Drunk Birds
theririman
Time : 3:59
Galeri Burung
Rumah burung - mansion
Rumah burung - mansion
desi
Jakarta Selatan