User Icon  34 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Memilih Bakalan Burung Kacer

Memiliki burung jawara lomba pastinya dambaan setiap penghobi burung kicauan. Namun untuk menjadikan burung kicauan Anda menjadi burung jawara di arena lomba, Anda harus tahun bagaimanan perawatannya sehingga bisa tampil performa. Pertama, Anda harus bisa menenukan bakalan yang bagus.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan burung Kacer:
                                
1.Berkelamin jantan, ciri-cirinya dapat dilihat dari warna bulu hitam yang tegas mengkilap dan kontras.
2.Pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
3.Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
4.Postur badan sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
5.Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
6.Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
7.Leher panjang padat berisi, menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

Kacer dada putih secara umum lebih ?ghter ketimbang kacer hitam dari Jawa. Itu sebabnya kacer dada putih lebih mendominasi di arena lomba. Dan faktor ketersediaan di pasar yang jauh lebih banyak juga ikut menjadi faktor.

Beberapa ciri-ciri ?sik bakalan kacer dada putih yang fighter:
                                                                                                                        
1.Bulu kelihatan kering, tapi bersih dan gilap. Artinya kalau kita menjumpai burung kacer dada putih tapi bulunya kurang bernada kering, biasanya kurang ghter.
2.Mata melotot  atau menthol sampai seperti mau keluar dari dalam kelopaknya. Mata yang melotot akan terkesan garang, juga awas dalam mengamati sekitarnya. Kalau kita menjumpai kacer dada putih yang matanya kurang melotot, sehingga terlihat lembut dan kalem, bisa diperkirakan si burung kurang tarung.
3.Bagian paruh terlihat lurus, belahannya memanjang hingga ke belakang hingga ke bagian leher atau tenggorokan sampai di bawah mata. Jenis yang seperti ini biasanya memiliki volume yang dahsyat dan tembus. Jenis yang seperti ini bisa membuka paruh lebih lebar dari yang belahannya lebih pendek.
4.Postur badan kecil memanjang, tidak pendek.
5.Perhatikan bagian ekor, biasanya kempal atau ngumpul, dan tidak mekar atau membuka.

Kacer dada putih bisa dipelihara baik di daerah panas maupun dingin. Jika baru pindah di lingkungan baru, dia akan memerlukan sedikit waktu untuk adaptasi.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 9118 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (1)
Halaman : | 1 |
1. casdiana, , Indonesia
25 Mei 2013
sy beli burung bakalan ko mati terus ia sy harus gimana ia.thanxs

Jual Burung

kepala emas/pastel ijo
Rp 2.750.000
surakarta
Video Burung
Everybody Wants To Be A Dog
Everybody Wants To Be A Dog
griffintp
Time : 0:30
Galeri Burung
Rumah burung - rumah makan
Rumah burung - rumah makan
kika
Jakarta Selatan