User Icon  43 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Budidaya Burung Parkit

Pesona burung parkit memang memukau berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, sekedar hobby, klangenan maupun sebagai ladang bisnis. Sehingga peluang bisnis pengembangbiakan burung parkit masih cukup cerah.

Budidaya burung parkit tidak terlalu sulit. Asalkan mengetahui tahapan-tahapan berikut maka tingkat keberhasilannya semakin tinggi. Yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan budidaya adalah sebagai berikut:
                                
1.Perencanaan kualitas atau kuantitas. Bila yang ditarget adalah kualitas maka perjodohan perlu seleksi khusus dari peternak burung parkit. Karena untuk mendapatkan pasangan burung parkit yang sudah serasi gampang-gampang susah. Burung Parkit pilih-pilih pasangan sehingga dituntut kesabaran untuk menjodohkannya. Bila yang ditarget adalah kuantitas maka itu bisa diabaikan dengan cara membiarkan parkit memilih pasangannya sendiri di kandang perjodohan masal.
2.Perhatikan umur parkit yang akan diternakan. Pemilihan umur parkit usia produktif sangat menentukan juga bagi keberhasilan budidaya burung parkit ini. Umur parkit yang sudah matang kelamin sekitar 90 hari.
3.Seleksi sexing. Sepintas burung parkit dari postur antara jantan dan betina hampir sama. Yang bisa membedakannya adalah, parkit dewasa jantan berwarna kebiruan pada tonjolan hidung, sedang betina cenderung berwarna semu putih.
4.Ukuran kandang harus disesuaikan dengan populasi pasangan parkit bila di lakukan secara penangkaran masal. Kelebihan cara ini adalah biaya kandang jauh lebih murah dan praktis. Namun kelemahannya, bila salah satu burung sakit maka akan mudah menular ke burung yang lain, sehingga bisa terjadi kematian masal.
5.Pemilihan jenis pakan. Usahakan beli pakan yang benar-benar ’berisi’. Pilih biji-bijian yang berbobot agar bisa memberi nutrisi yang cukup untuk burung parkit. Karena ada penjual pakan menjual stok dagangan yang terlalu lama sehingga banyak isi bijian kosong/kopong. Extra fooding berupa kecamba, jagung muda ataupun sayuran juga bisa diberikan. Grid/Asinan/batuan meniral juga perlu disediakan untuk membantu pencernaan burung parkit. Asinan bisa di dapat dari tumbukan batu bata merah, genteng ataupun kulit sotong.
6.Jaga ketersedian pakan dan minum serta usahan dalam kondisi bersih.
7.Jaga kesehatan burung parkit, agar mampu berkembang biak dengan optimal dan jangan lupa menjaga kebersihan sangkar.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 5486 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

cucakrawa
Rp 20.000.000
tangerang
Video Burung
Sam drinking
Sam drinking
parrotscience
Time : 0:34
Galeri Burung
Rumah burung victoria
Rumah burung victoria
ria
Jakarta Selatan