User Icon  18 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Menangkar Burung Parkit

Pada dasarnya parkit adalah burung yang mudah ditangkar. Perawatan burung ini juga relatif mudah. Kandang untuk menankar parkit tidak begitu besar meskipun untuk pengembangbiakan. Namun karena sifatnya yang suka berkoloni dan keragaman warna yang bervariasi, sebaiknya Anda menyiapkan ukuran kandang yang agak besar. Sehingga  bisa menempatkan beberapa pasang. Disamping menyediakan kandang untuk penangkaran, kandang untuk menampung parkit yang sudah lepas sapih juga harus disiapkan. Kandang ini juga berfungsi sebagai kandang pembesaran plus penyeleksian bakalan burung parkit.

Ada 2 sistem penangkaran burung parkit:
                                                
1.Penangkaran secara khusus dilakukan bila peternak menginginkan corak tertentu yang dikehendaki. Maka mengumpulkan beberapa pasangan patut dihindari. Penangkaran secara khusus tidak memerlukan kandang yang besar cukup ukuran 40 x 40 x 60 untuk satu pasangan dan satu kotak pengeraman.
2.Penangkaran secara masal memang lebih irit karena hanya membutuhkan satu kandang yang bisa diisi oleh beberapa pasangan termasuk kotak pengeraman. Hanya saja penangkaran ini akan lebih sulit untuk mengamati jenis atau corak khusus burung parkit yang Anda inginkan. Termasuk juga dalam hal mengontrol kesehatan burung parkit. Karena itu ukuran atau besar kandang harus memperhatikan populasi pasangan parkit yang akan ditempatkan.

Tips menangkar burung parkit ini:                                                                                                                     
1.Usahakan memilih induk yang berbeda warna. Ciri jantan dan betina burung parkit bisa dibedakan dengan mudah setelah usia 4 bulan. Jantan mempunyai ciri warna biru di bagian atas lubang hidungnya. Kalau warna di bagian itu putih kotor, krem atau coklat, maka bisa dipastikan itu berjenis kelamin betina.
2.Pilih yang kelihatan sudah cocok dengan pasangannya karena akan lebih mudah untuk ditangkarkan.
3.Sesuaikan besar kandang dengan jumlah pasangan agar tidak terlalu padat karena bisa  berakibat kurang baik bagi kesehatan burung termasuk merusak dari segi menikmatinya. ’Rumah pribadi’ yang umumnya terbuat dari kayu randu berbentuk kotak menjadi syarat bagi setiap pasangan parkit.
4.Persiapkan pula kandang cadangan untuk hasil perkembangbiakan apabila pasangan burung sudah mulai produksi.
5.Jaga ketersedian pakan dan minum. Usahan dalam kondisi bersih.
6.Buang makanan yang mulai busuk karena kelebihan dalam pemberian pakan terutama sayuran seperti tauge, jagung atau yang lainnya
7.Makanan utama burung ini adalah millet yang mudah didapatkan di kios-kios penjual makanan burung.

Sumber : dari berbagai sumber 
Dilihat 3600 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (1)
Halaman : | 1 |
1. benni, , Indonesia
2 Mar 2013
sip gan

Jual Burung
Video Burung
Cat and parrot are friends amazing!!
Cat and parrot are friends ama
jemogo
Time : 2:08
Galeri Burung
Rumah burung - rumah makan
Rumah burung - rumah makan
kika
Jakarta Selatan