User Icon  79 USER SEDANG ONLINE

HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Pertolongan Pertama Pada Burung Sakit

Seperti  pada manusia, pertolongan pertama juga perlu dilakukanpad a burung yang sakit akibat terluka atau menunjukkan gejala akan terserang suatu penyakit. Tindakan pertolongan pertama ini meliputi:
                                                                                                
1.Berikan kehangatan. Burung yang sakit diisolasi, pisahkan dari burung lain yang sehat. Kemudian masukkan ke dalam sebuah sangkar yang telah diberi alas koran. Sediakan sedikit minum dan berikan kehangatan pada tubuh burung melalui lampu pijar berkapasitas 60 watt. Untuk mengurangi sinar dari lampu dapat diberikan penghalang berupa kain atau kertas. Perlu diperhatikan agar bahan penghalang sinar lampu ini tidak mudah terbakar, suhunya pun sebaiknya tidak melebihi 37C.
2.Berikan pakan ekstra. Berikanlah pakan ekstra yang mempunyai kandungan gizi tinggi, seperti kroto basah, madu, susu, daging, atau hati tergantung pada jenis burungnya. Pakan ini diberikan dalam bentuk bubur (jus). Jika burung menolak untuk makan sendiri maka harus dipaksakan, dicekokkan langsung ke mulutnya dengan memakai alat spuit. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan hati hati agar tidak salah memasukkan pakan ke saluran pernapasan.
3.Berikan minuman. Burung yang sedang sakit akan jarang minum. Padahal, pada saat sakit burung akan lebih banyak buang air dengan kondisi feses yang lebih encer sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Keadaan seperti ini dapat diatasi dengan cara memberikan pakan yang banyak mengandung air, misalnya buah pepaya. Dengan cara ini maka bahaya dehidrasi dapat diperkecil.
4.Berikan ketenangan. Burung yang sakit juga membutuhkan ketenangan lingkungan. Dengan lingkungan yang tenang maka bahaya stres dapat diminimalisir. Karena stres akan memperburuk kondisi tubuh burung. Sebaiknya hindarkan dari pandangan dan suara manusia, burung, hewan lain, atau benda apa pun yang dapat menimbulkan gangguan pada burung yang sakit.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 1904 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

Dijual burung pentet
Rp 375.000
Ngawi
Video Burung
Sam drinking
Sam drinking
parrotscience
Time : 0:34
Galeri Burung
Golden Oriole Bird pictures
Golden Oriole Bird pictures
fotoplatforma.pl
Jakarta Selatan