User Icon  61 USER SEDANG ONLINE

HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Mencegah Masalah Jamur Pada Burung

Jamur adalah salah satu penyebab berbagai penyakit pada burung. Terutama di Indonesia yang ber-iklim tropis lembab menjadi surga bagi jamur untuk tumbuh berkembang dengan cepat. Menurut penelitian dan pengalaman selama ini, ada beberapa tempat yang berpotensi menjadi tempat tumbuh kembangnya jamur di sekitar burung tersebut.

1.Sangkar burung. Cuci bersih sangkar secara rutin dan berkala. Semprot dengan anti jamur dan disinfektan, lalu jemur dibawah sinar matahari minimal 30 menit. Lantai kandang dan ruji yang umumnya terbuat dari bambu/tripleks merupakan tempat idaman bagi jamur. Bersihkan dan lapisi lantai sangkar dan ruji dengan cat/coating/melamin atau bahan sejenis sehingga jamur tidak bisa berkembang. Tanda-tanda sangkar yang sudah mulai menjadi tempat tumbuhnya jamur adalah berwarna coklat kehitam-hitaman.
2.Tangkringan burung, merupakan sumber besar bakteri dan jamur. Aktifitas burung naik turun dari lantai sangkar ke tangkringan, secara tidak langsung juga membawa bibit penyakit-bakteri-jamur untuk menempel dengan mudah di tangkringan. Solusinya, cuci bersih tangkringan lalu semprot dengan anti jamur dan disinfektan setiap 3 hari sekali. Ganti tangkringan dengan yang baru setiap 2 bulan sekali.
3.Ruangan penyimpanan burung yang lembab dan kotor adalah sarang bagi jamur. Secara berkala bersihkan dan semprot pojok-pojok ruangan dengan anti jamur dan disinfektan. Atur sirkulasi udara di ruangan penyimpanan burung sebaik mungkin. Bila perlu tambahkan exhoust fan supaya udara dapat bersirkulasi dengan baik dan lancar.
4.Kerodong burung. Cuci bersih dan jemur kerodong dibawah sinar matahari setiap 3 hari sekali. Menurut penelitan, hampir 32% jamur-bakteri dan virus bersarang di kerodong burung.

Sumber : dari berbagai sumber
Dilihat 1869 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

cucakrawa
Rp 17.000.000
tangerang
Video Burung
What my parrot does when I go out...
What my parrot does when I go
parrotscience
Time : 0:29
Galeri Burung
Rumah burung dan lampu
Rumah burung dan lampu
titi
Jakarta Selatan