User Icon  58 USER SEDANG ONLINE

HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Tanda-tanda Burung Sakit

Sebagian besar penyebab kematian burung, disebabkan oleh malnutrisi atau kekurangan gizi dan stres. Makan banyak saja tidak cukup, kualitas mutu dan variasi juga penting diberikan pada pakan burung, sehingga tidak terjadi defisiensi atau kekurangan nutrisi. Dan stres pada burung dapat juga disebabkan oleh buruknya higiene, perubahan suhu yang cepat, atau trauma baik fisik maupun psikis.

Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan burung sedang tidak sehat:
                                                          
1.Mata. Mata burung mengeluarkan cairan tidak seperti biasanya, berubah warna, sayu, mata sering dipejam-pejamkan, dan terjadi pembengkakan di sekitar mata.
2.Lubang hidung. Dari lubang hidung keluar ingus dan bersin-bersin atau membuka-buka paruhnya karena sesak nafas. Selain itu, bulu-bulu di sekitar lubang hidung dan kepala kotor karena sering digaruk atau diusap.
3.Sayap dan bulu. Bulu tampak suram dan kusut, sayap lemah dan lunglai, perilaku menata bulu-bulu tidak dilakukan.
4.Nafsu makan menurung. Burung jadi malas dan tidak pandai lagi mematuk makanannya dan berat badan menurun.
5.Keseimbangan. Burung seringkali tampak sempoyongan, tidak mampu bertengger dengan kuat. Lebih sering berada di dasar kurungan dan tidak aktif bergerak.
6.Sendi tulang. Pada sendi tulang terjadi pembengkakan dan berubah bentuk.
7.Kebiasaan sehari-hari yang biasa dilakukan tidak dilakukan lagi. Seperti tidak suka mandi, jarang berkicau, suara kicauannya berubah, dan lain-lain.
8.Tubuh. Di tubuh burung terdapat jendolan seperti timbunan sesuatu masa.

Dari semua tanda-tanda di atas,  bila Anda menemukan pendarahan dari manapun di bagian tubuhnya, ini tanda ada sesuatu hal serius yang harus segera ditangani. Segera bawa ke dokter hewan! Apabila Anda membawa burung sakit ke dokter hewan sebaiknya kurungan diselimuti kain atau kertas koran untuk mengurangi keadaan stres. Kurungannya sementara waktu tidak dibersihkan dahulu agar dokter dapat mengobservasi feces, tempat makan atau minum, dan sebagainya.

Sumber : dari berbagai sumber

Dilihat 1905 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!


Jual Burung

Dijual burung pentet
Rp 375.000
Ngawi
Video Burung
Sam drinking
Sam drinking
parrotscience
Time : 0:34
Galeri Burung
Golden Oriole Bird pictures
Golden Oriole Bird pictures
fotoplatforma.pl
Jakarta Selatan