User Icon  31 USER SEDANG ONLINE


HOME            JUAL            DIREKTORI            ARTIKEL             VIDEO             GALERI             ACARA & LOMBA             DISKUSI             CHAMPION

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Burung di IndoBird.Com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member IndoBird.Com.

Menilai Sang Burung Jawara

Kontes burung adalah lomba burung bernyanyi atau berkicau sehingga penilaian paling utama adalah kualitas kicauan burung. Suara burung yang paling baguslah yang akan menjadi sang jawara, bukan aksi gerakannya, kandangnya atau bahkan pemiliknya.  Dalam berbagai kontes burung, ada 3 kriteria dasar penilaian yang digunakan dalam proses penjurian.
                                                                   
1.Irama dan Lagu.
Kriteria ini biasanya menjadi penilaian utama. Hal utama yang dinilai adalah variasi suara dan speed atau kecepatan. Semakin banyak variasi suara, semakin tinggi nilainya. Semakin cepat irama/lagunya, semakin tinggi nilainya. Irama lagu yang baik adalah irama lagu yang lengkap (bervariasi, keaktifan bunyi atau gacor, ada tonjolan, permainan speed ritme lagu, spasi nada, isian-isian yang sesuai dengan nada-nada yang lain, tidak terpotong-potong dan tidak diulang-ulang). Irama lagu juga harus membentuk keserasian bunyi yang harmonis. Burung juga harus rajin melantunkan irama-irama lagu yang indah sewaktu Lomba. Terlalu lama ngetem atau kurang sering berkicau akan menjadi salah satu aspek pengumpulan point penilaian.
2.Volume dan Suara.
Untuk bisa menjadi burung jawara, harus memiliki suara yang bersih, nyaring dan lantang. Semakin keras suaranya, semakin tinggi nilainya. Namun tidak cukup hanya suara keras, kicauan  burung juga harus merdu. Kualitas volume suara burung yang baik adalah suara burung yang empuk (medium) tidak cempreng, suaranya bersih (kristal) tidak parau dan bersuara nyaring (lantang).
3.Fisik dan Gaya.
Dalam criteria ini, juri akan melihat bagaimana gerak dan olah tubuh burung, sehingga burung perlu tampil baik dan menarik. Dalam penilaian Fisik burung juga harus sehat, tidak ada cacat, warna bulu cerah dan tidak kusam. Sementara untuk penilaian gaya, kriteria ini tergantung masing-masing karakter jenis burung. Yang penting, burung tampil menarik saat menyanyikan kicauannya.

Kriteria lain yang juga diperhatikan oleh juri dalam sebuah kontes burung adalah:
                                                                                                
1.Bentuk dan ukuran burung, apakah sudah sesuai dengan standar kesehatannya atau tidak.
2.Tingkah laku burung ketika mengeluarkan kicauan. Semakin lincah bergerak saat berkicau, maka makin tinggi nilainya.
3.Keaktifan berkicau, semakin sering berkicau, semakin tinggi nilainya.
4.Kualitas suara kicauan. Apakah enak didengar atau tidak. Semakin dekat dengan standar yang ditentukan, semakin bagus nilainya.

Sumber : www.smartmastering.com
Dilihat 2198 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (5)
Halaman : | 1 |
1. 1, -1, 1
30 Agu 2013
1
2. 1, 1, 1
30 Agu 2013
1
3. -1, 1, 1
30 Agu 2013
1
4. 1, 1, -1
30 Agu 2013
1
5. 1, 1, 1
30 Agu 2013
-1

Jual Burung
Video Burung
Frostie Dancing To Shake Your Tail Feather!
Frostie Dancing To Shake Your
OnePickieChickie
Time : 2:43
Galeri Burung
Rumah burung - hijau
Rumah burung - hijau
kiki
Jakarta Selatan